28
Apr
08

Serko, Russian Tiny Horse…

Apaan tuh serko?? well ini tuh salah satu judul film yang ditonton sewaktu ada festival film perancis kmaren2 ini (26-27 April 2008). Kebetulan judul yang satu ini tuh lumayan asik buat ditonton… Ceritanya tentang petualangan seorang prajurit Rusia (Dimitri Pechkov) yang mempunyai misi untuk memberi informasi kepada kaisar Tsar yang pada saat itu masih sangat muda… Misi dari Dimitri adalah memberitahu bahwa terdapat seorang gubernur korup yang sangat semena-mena buat mengambil kuda2 dari daerah Dimitri berada… Dimana kuda2 tersebut hanya dihargai beberapa kantung makanan saja, saat para pemilik kuda tersebut menolak, para suruhan gubernur tersebut menembak secara membabi buta ke arah kawanan kuda, dan juga menembak salah seorang teman Dimitri… Sehingga pada saat itu Dimitri berjanji untuk bertemu dengan Tsar untuk meminta perlindungan bagi kuda2 di daerahnya…

Dimitri and Serko, their Adventure

Sehingga dimulailah petualangan Dimitri beserta seekor kuda pemberaninya yang bernama Serko ke kota St. Petersburg dimana Tsar berada… ditengah perjalanan, Dimitri dan Serko menemui berbagai hambatan dan rintangan yang diantaranya menguji hubungan antara kuda dan penunggangnya… selain itu, kisah perjalanan Dimitri dan Serko tidak lepas dari orang Perancis yg memiliki pekerjaan sebagai tukang cerita (mungkin di kita disebutnya dalang dengan wayangnya)… berkat dia juga kisahnya dapat tersebar di seluruh Rusia… akhir kisah ini memang berakhir bahagia, namun banyak filosofi tentang kehidupan di film ini… Well lumayan worthed nonton film ini kok, walopun bahasanya campuran antara bahasa Rusia dan Perancis tapi tentunya hal itu tidak menjadi halangan buat nikmatin film2 yang menarik… ๐Ÿ˜€

Berikut review lengkap dari Variety

A captivating, exquisitely lensed widescreen tale inspired by a true incident, “Serko” follows a young Cossack as he rides his pony-sized horse 4,000 miles from southern Siberia to St. Petersburg, ca. 1889, to give the czar a polite piece of his mind. Vet director Joel Farges imbues yarn with effortless visual sweep and salutary emotion. A genuine charmer for kids on up, equestrian adventure should make hay for fests and niche distribs.

French-language v.o. comes courtesy of Emile Fragonard (Jacques Gamblin, sprightly), a Parisian who is touring the Russian sticks with his shadow-puppet show –an expressive, light-and-movement precursor to the movies.

In a bid to enrich the corrupt local governor, bad guys offer a handful of guns and a few sacks of flour to the indigenous Evenk tribe of Siberia for their herd of special horses. They believe the horses will come in handy as grub for the workers on the Trans-Siberian railway.

However, 18-year-old Cossack Dimitri Pechkov (Aleksei Chadov) is sickened when the leader of the bad guys, Bouvarine (Nikolai Smirnov), shoots his Evenk friend in down cold blood.

Dimitri, who needs to prove himself to his dismissive father, saddles his dead friend’s steed, which he rechristens Serko. Although he’s never been out of his village, Dimitri is determined to ride to St. Petersburg to ask the czar to uphold his promise to protect the Evenks and their horses.

Dimitri has adventures along the way, living off the land — be it tundra, ice or snow — and, in his headlong innocence, making exceptional time. (Although the real Pechkov’s journey was prompted by religious faith rather than social ecology, his feat — riding from Blagovechtchensk to St. Petersburg in 193 days using a single mount — has never been equaled.)

Fearful the czar will hear of his perfidy, the governor attempts to sabotage Dimitri’s journey. But the lad crosses snowy paths with Fragonard, who incorporates Dimitri’s amazing adventures into his shadow-puppet performances. Both men’s notoriety grows.

Location lensing is scrumptious, suspense genuine and perfs endearing. Local color is always integrated into the narrative without devolving into gratuitous exoticism.

Advertisements

9 Responses to “Serko, Russian Tiny Horse…”


  1. May 3, 2008 at 2:26 am

    hooo… di mana festival film prancis-nya?? *kok saya ga gaul gini*
    tampak menarik, soalnya rusia2 gitu. jadi pengen nonton. ada file-nya ga? ๐Ÿ˜€

  2. 2 ะคHi
    May 4, 2008 at 6:18 am

    * berharap jodoh gw ntr seorang Rusian… ๐Ÿ˜‰ *

  3. May 5, 2008 at 1:15 am

    @giaferdi: festivalnya ada di kota2 besar di indonesia kok, kalo aku nontonnya yg di bali… aga susah dapet file film perancis… makanya mendingan nonton langsung aja… ๐Ÿ˜€

  4. 4 akabaru
    May 10, 2008 at 4:31 am

    udah lewat sih akbar kasih command (“”). TApi akbar ngasih warning aja buat yang lain… Kalo mau liat film gratisan, harus bener-bener diliat sinopsisnya, teliti, jangan sampai menyesal, dan salah nonton “gituan”, betul ga no’…. hehehehehe . Peach deh no’

  5. 5 nairasmile
    May 15, 2008 at 4:52 am

    ehh….
    di bandung udah maen belum yaa…kan ada CCF juga tuh…
    humm….eniwei..kok film rusia masuk kategori film perancis ya…
    ato ini festival film kaya cannes ato golden globe ya **sibukk mikir**

  6. May 19, 2008 at 1:05 am

    @naira : kan ini film produksi asli perancis, cuman bahasanya pake bahasa rusia… jadi sebenernya masih produksi perancis juga… lagian ada juga sih yang ngomong pake bahasa perancisnya (puppeter nya)…

  7. June 11, 2008 at 3:12 am

    filmnya si manu ga diulas sekalian no
    wkakakakakakakakk

  8. June 12, 2008 at 12:47 am

    @dolfi : masa film ttg kisah nyata kamu diulas… mending langsung sama orangnya donk… (buat info, film ttg dolfi adalah film ttg hubungan sejenis yang terjadi karena sesuatu hal… mungkin bisa kita tanya sama dolfi… :D)

  9. June 23, 2008 at 6:36 am

    wekekekekeekek

    Enak aja!!! Bukane kamu yang semangat nonton film pertama festival film prancis itu……

    emang enakk.!!??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 31,345 hits
April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Kind of Post

Me…

Am I Online ???



Mmm...

My Partners…

Looking for your design partner? Just go straight here...

CarraMedia

Advertisements

%d bloggers like this: